Unissula Semarang Perluas Kerjasama dengan Harvard Amerika Serikat

Universitas Islam sultan Agung (Unissula) Semarang mengadakan MoU dengan Harvard College, United State of America yang dilaksanakan secara daring (6/3). MoU dihadiri oleh Chairman and fellows of Harvard College Division of Continuing Education, Dr Bradford Anderson dan Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MHum.

Turut hadir pula Wakil Rektor I Dr Andre Sugiyono, Kepala Prodi Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH), Prof Dr Anis Masdurohatun, Sekertaris PDIH, Prof Dr Sri Endah, dan Kepala UPT Kerjasama Riana Permatasari MA.

Andre Sugiyono menjelaskan kerjasama ini bermakna strategis sesuai dengan program Unissula untuk menjadi universitas unggul baik di level nasional maupun internasional. Selain itu juga untuk memberikan akses seluas- luasnya bagi dosen dan mahasiswa Unissula dalam berkolaborasi dengan para mitra pendidikan terbaik di dunia internasional guna mempertajam kwalitas akademik maupun non akademik.

“Alhamdulillah kita berhasil menjalin kerjasama pendidikan dengan Harvard College yang merupakan salah satu lembaga pendidikan elit di dunia. Makna strategis lainnya dari kerjasama ini yaitu merupakan indikator dalam penilaian akreditasi dan peringkat klasterisasi perguruan tinggi”, ungkap Andre Sugiyono.

Unissula merupakan salah satu universitas yang secara konsisten dan berkelanjutan mengimplementasikan kerjasama internasional baik mengirim mahasiswa ke luar negeri maupun menerima mahasiswa asing untuk studi di Unissula.

Berdasarkan data Unissula merupakan salah satu universitas di Indonesia yang banyak diminati mahasiswa asing. Pada tahun 2021 tercatat 148 masiswa asing terdaftar di ijin belajar Kemenristekdikti studi di Unissula.

Mereka berasal dari Asia, Eropa, dan Afrika. Untuk Asia, yakni diantaranya dari Filipina, Malaysia, Banglades, dan Thailand. Sedangkan dari Afrika dari Libia. Sedangkan dari negara Eropa, dari Belanda.

Adapun mahasiswa Unissula yang belajar di universitas mitra di luar negeri di tahun 2022 ini tercatat Inkaana Bi Haqi dan Natasha Adelia Z, keduanya merupakan mahasiswa jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Unissula yang sedang kuliah di Rotterdam University of Applied Sciences (RUAS) Belanda, selama satu semester